Makalah Transportasi Umum

Makalah Transportasi Umum

I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di zaman modernisasi ini semua serba canggih,kecanggihan itu dimulai dari yang kecil sampai ke yang rumit. Kecanggihan pada kerumitan itu membuat manusia lebih dimudahkan dalam aktivitas hidup sehari-hari. Kemudahan yang kita dapatkan itu terlepas dari berbagai dampak baik itu menguntungkan atau tidak menguntungkan. Jika kita fokuskan perhatikan lingkungan sekitar kita,tentunya banyak sekali tinndakan yang menguntungkan bahkan merusak lingkungan contoh mudah yang dapat kita lihat adalah transportasi. Dengan adanya transportasi kehidupan manusi lebih dimudahkan untuk mencapai daerah terpencil bahkan luar angkasa.
B. Rumusan Masalah
a. Apa saja kegunaan transportasi untuk kehiupan manusia?
b. Apa saja dampak dari penggunaan transportasi yang berlebihan ?
c. Mengapa transportasi umum sangat dibutuhkan?
C. Tujuan
Laporan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang kegunaan transportasi sehingga dapat memaksimalkan kegunaan itu sesuai kebutuhannya. Selain itu,masyarakat diharapkan mengetauhi apa dampak dari penggunaan transportasi yang berlebihan. Mendorong masyarakat lebih memanfaatkan transportasi umum yan g ada di sekitar mereka tanpa harus malu merasa malu memanfaatkannya.

II. PEMBAHASAN
A. Mengenal transportasi
Transportasi adalah suatu hasil karya yang dapat memudahkan manusia melakukan akifitasnya baik itu pekerjaan atau hiburan. Transportasi sangat dikenal jelas oleh masyarakat baik itu masyarakat yang kemampuan ekonominya terbatas bahkan ke masyarakat dengan ekonomi yang melebihi. Transportasi mempunyai banyak jenis mulai dari darat,laut bahkan udara contohnya : mobil,sepeda motor,kapal laut,pesawat terbang.
B. Apasih kegunaan transportasi sehingga banyak digunakan?
• Lebih efisien waktu
Masyarakat yang biasanya kerja dengan lokasi yang berada jauh dari rumah tentunya sangat menyita waktu,tidak jarang dari mereka menyewa tempat tinggal untuk rumah sementaa mereka. Dengan adanya kendaraaan,masyarakat tidak perlu direpotkan lagi oleh hal seperti penyewaan rumah
• Lebih menghemat uang
Mereka yang seharusnya mengeluarkan uang untuk penyewaan rumah atau semacamnya akan lebih dimudahkan.
• Harganya lebih terjangkau
Mengapa tidak, kendaraan itu merupakan suatu barang yang terjangkau karena hampir semua orang mempunyainya.
C. Dampak transportasi yang berlebihan bagi kehidupan
• Kemacetan
Kemacetan adalah suatu yang sangat dikhawatirkan oleh masyarakat bahkan pemerintah karena dengan adanya kemacetan, dapat menurunkan kinerja. Bahkan dapat merugikan perusahaan sampai milyaran rupiah yang akan berdampak pada devisa negara yang akan menurun.
• Polusi
Polusi berupa gas CO yang dihasilkan oleh bahan bakar transportasi sangat mengganggu kehidupan karena menipisnya lapisan ozon yang akan memudahkan menda angkasa mjatuh ke bumu tanpa ada penghalangnya. Selain itu, polusi akan menyebabakan udara panas karena sinar ultraviolet langsung ke bumi tanpa ada penghalangnya yang lama-kelamaan akan berdampak pada iklim.
• Polusi pada perairan
Jika kendaraan ,banyak secara otomatis penggunaan BBM juga meningkat. Bisa dibayangkan pengangkutan BBM yang tidak layak dilakukan berulang-ulang akan menyebabkan tercemarnya perairan laut dan akan merusak terumbu karang yang akan berakibat juga pada biota laut lainnya.
• Polusi tanah
Dengan banyaknya penambangan,maka akan merusak struktur tanah yang berada di perut bumi.
D. Perlunya transportasi umum
Transportasi umum adalah salah satu solusi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat mengingat banyaknya dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan transportasi yang berlebihan. Alasan ini disebabkan dengan beberapa alasan:
• Bebas energi karena masyarakat hanya menggunakan sedikit energi.
• Keselamatan lebih terjamin
• Kesehatan manusia akan lebih terjaga karena sedikitnya polusi

III. PENUTUP
A. Saran
Dengan adanya laporan ini,masyarakat lebih pintar dalam menggunakan transportasi, mereka akan selektif dalam menggunakan transportasi sehingga masyarakat lebih menghargai lingkungan sekitar ,turut peduli pada nasib anak cucu pada masa akan datang.
B. Kesimpulan
Dari segala macam masalah yang kita bahas maka sampailah pada suatu kesimpulan bahwa penggunaan transportasi pemerintah lebih mum akan memudahkan mengatasi dampak yang disebabkan oleh transportasi perorangan seperti kemacetan,polusi yang yang ditimbulkan,dan kerugian bagi efisiennya waktu. Selain itu,masyarakat dan pemerintah lebih meningkatkan kerjasama agar bisa mengurangi bahkan mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh transportasi.

IV. DAFTAR PUSTAKA
http://lingkungan hidup.com. Diunduh pada hari Sabtu,21 September 2012,pukul 17.08.
http://kagase.org.Diunduh pada hari Sabtu,21 September 2012,pukul 17.10.

Terimakasih atas kunjungannya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s