Makalah transportasi darat

Makalah transportasi darat 

Transportasi darat

1. TRANSPORTASI DARATI.1.
Pengertian Transportasi Darat dan bersifat alamiah saja, meliankan diperlukanFungsinya adanya suatu sistem yang baik supaya tujuan pergerakan di atas dapat dicapai. Sistem Transportasi darat adalah segala macam transportasi yang berkembang saat ini telahbentuk pemindahan barang atau manusia dari mewujudkan suatu bentuk pelayanan melaluisuatu tempat ke tempat yang lainnya dengan berbagai sarana pergerakan mekanistik yangmengguanakan sebuah moda transportasi hampir menjangkau ke semua jaringan wilayah(kendaraan bermotor) yang digerakkan oleh di muka bumi ini.
Dengan demikian, saat ini,manusia dengan di dukung suatu infrastruktur melalui sistem transportasi moderen bukan haljalan (jalan raya ataupun rel).

Pergerakkan ini yang sukar untuk menjangkau pusat aktivitasdi tujukan untuk mempermudah manusia manusia dari berbagai sudut pergerakan.melakukan aktivitas sehari – hari untuk Perkembangan teknologi pergerakan pun telahmemperoleh biaya kehidupannya. mengalami kemajuan yang sangat pesat dalamMenurut nasution (2004), terdapat 5 unsur kurun satu abad ini.
Berbagai jenis moda telahtransportasi, yaitu : tersedia, dengan berbagai keunggulan dana) Manusia, yang membutuhkan transportasi kelengkapan sarana.b) Barang, yang diperlukan manusiac) Kendaraan, sebagai sarana transportasi Dari hal tersebut di atas terlihat bahwad) Jalan, sebagai prasarana transportasi kualitas dan perkembangan teknologi saranae) Organisasi, sebagai pengelola transportasi dan prasarana transportasi sangat mempengaruhi kelancaran kebutuhan Perpindahan itu sendiri dilandasi akibat perpindahan.

Oleh karena itu, terdapat suatuproses interaksi manusia karena adanya hukum hubungan yang sangat kuat diantara aktivitasketerbatasan, yang mayoritas keterbatasan manusia dan transportasi. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, transportasitersebut adalah keterbatasan produksi, ruang dalam kehidupan masyarakat moderenpekerjaan dan bahan baku yang tidak selalu merupakan satu kesatuan rantai kehidupantersedia secara merata di muka bumi.
Selain yang berpengaruh dalam pembangunan baikitu, faktor geografis bumi yang membatasi segi ekonomi, sosial budaya maupun politik.potensi dan sumber daya alam juga merupakan Gambar 1.1 memperlihatkan, bagaimanasalah satu aspek pertimbangan dalam hukum hubungan antara aktivitas manusia danketerbatasan.

Adanya alasan hukum kebutuhan transportasi. Seterusnya, fungsi sarana dan prasarana transportasi dalamketerbatasan tersebut, komunitas struktur menopang kebutuhan aktivitas manusia secaramanusia telah terbagi dalam 2 kelompok fungsi lebih terperinci dapat didefinisikan sebagai :kerja, yaitu kelompok produsen dan kelompok 1.

Mempercepat suatu pergerakan angkutankonsumen. Interaksi yang akhirnya terjadi barang/orang sebagai salah satu tuntutandiantara kedua kelompok tersebut akan dari semakin majunya aktivitas manusia.menimbulkan suatu perpindahan atau 2. Mengurangi tahanan terhadap gerakan.pergerakan.

Efek dari adanya kebutuhan 3. Mengurangi kemungkinan kerusakan barang/orang yang diangkut.perpindahan/pergerakan orang dan barang, Angkutan Angkutanakan menimbulkan suatu tuntutan untuk Sumber Daya Lokasi pasarpenyediaan prasarana dan sarana pergerakan Produksisupaya tercipta suatu pergerakan yangberlangsung dengan kondisi aman, nyaman Manusia / Konsumendan lancar, serta ekonomis dari segi waktudan biaya. Pada akhirnya, kebutuhan akan Gambar.1.1 Hubungan antara transportasi dantransportasi bukan hanya suatu kebutuhan yang aktivitas manusia.

2. Dalam hal ini transportasi perlu mengadakan Kerugian ekonomi per tahun pada tahun pemilihan jenis prasarana yang mampu 2002 akibat inefisensi sistemmelayani kegiatan manusia secara aman, transportasi diperkirakan sebesar 5.5 trilyun, di mana 3 trilyun untuk biayanyaman dan ekonomis. operasi kendaraan, dan 2.5 trilyun untukI.2. Masalah – Masalah dalam Transportasi biaya waktu perjalanan (SITRAMP, 2004).

Darat dan pengaruhnya Pertambahan penduduk dan luas kota b. Sistem transportasi belum menjaminmenyebabkan jumlah lalu lintas juga pemerataan untuk seluruh anggotameningkat. Sedangkan sistem lalu lintas masyarakatmendekati jenuh, sehingga bertambahnya Lalu lintas di Jakarta didominasi olehjumlah lalu lintas berpengaruh besar terhadap kendaraan pribadi, jumlah angkutankemacetan lalu lintas, yang berarti pula umum (bus) hanya 4%, sepeda motorbertambahnya waktu dan biaya perjalanan di 67%, mobil pribadi 23% (Polda Metrodalam sistem lalu lintas tersebut. Jaya, 2006).

Pertumbuhan kendaraan Pemilihan sistem transportasi yang dalam lima tahun terakhir mencapaisalah untuk wilayah perkotaan dapat 9.5% per tahun (paparan Dirjen Binamengakibatkan terjadinya kemacetan lalu Marga ke KKPPI tanggal 18 Desemberlintas, yang berarti pemborosan besar dari 2007).

penggunaan energi dan ruang, serta timbulnya Proporsi volume lalu lintas padamasalah pencemaran udara akibat gas buang beberapa koridor utama adalah: sepedakendaraan yang semakin besar jumlahnya. motor 60%,sedan 32%. Angkutan Dalam makalah ini memelihat studi umum (mobil penumpang umum-kasus macet, sepertinya hampir setiap hari MPU, bus sedang, dan bus besar) 5%Jakarta dan sekitarnya mengalaminya. Tentu (Kedeputian V Menko Perekonomian,saja kemacetan ini membawa dampak tidak 2007).langsung maupun langsung terhadap kehidupan Fasilitas bagi pejalan kaki danmasyarakatnya, yaitu secara psikologi dan pengguna kendaraan tidak bermotormateri yang sangat besar. Secara psikologis sangat minimbanyak mencakup banyak hal, tetapi yang c.

Besarnya kontribusi sistem transportasi paling sering timbul adalah meningkatnya terhadap dampak lingkungankesensitifan mental terutama mudahnya emosi Particulate Matter 10 (PM10)marah akan muncul, hal ini terjadi karena merupakan partikel debu yang banyak manusia mengalami persaingan dengan banyak dihasilkan dari emisi kendaraan bermotor danorang kearah tujuan tertentu secara tidak debu yang berada di jalanan.

Particulat Matterdisengaja dan fokus fikiran selalu bubar ketika 10 (PM10) bersifat sangat mudah terhirup danmendadak tujuan kearah tertentu menjadi memiliki tingkat kelolosan yang tinggiterhalang, tidak hanya oleh satu orang, tetapi terhadap saringan pernafasan manusia sehinggabanyak orang. dapat mengganggu sistem pernafasan. Secara umum, permasalahan Berdasarkan Peraturan Pemerintahtransportasi di Ibukota Indonesia (Kota Jakarta) Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1999dapat dikelompokan dalam beberapa hal Tangal 26 Mei 1999 Baku Mutu Udara Ambienberikut:

Nasional, menyatakan bahwa kadar debua. Sistem transportasi belum efisien sehingga partikel 10 mikron di udara yang memenuhimenghambat aktifitas ekonomi. syarat adalah tidak melebihi dari 150 μg/m3 Dari total waktu perjalanan pada 25 dari 33 stasiun pemantau kualitas beberapa ruas jalan, 40% merupakan udara menunjukkan kadar PM10 telah melebihi waktu bergerak dan 60% merupakan ambang batas, bahkan terdapat sepuluh stasiun waktu hambatan.

Kecepatan rata-rata yang menunjukkan kadar PM10 mencapai lebih lalu lintas adalah 20.21 km/jam dari 2 kali lipat dari ambang batas yang telah (Kedeputian V Menko Perekonomian, ditetapkan. Kerugian ekonomi akibat kualitas 2007). udara yang rendah diperkirakan mencapai 2.8 trilyun pada tahun 2002, apabila tidak segera

3. diperbaiki kualitas dan kuantitas pada angkutanumum, diperkirakan akan terjadi peningkatan greenhouse gases (seperti CO2) dari tahun2002 sampai dengan 2020 sebesar 2.35 kali(SITRAMP, 2004). Partikel debu dapat menggangu kesehatanmanusia seperti timbulnya iritasi pada mata,alergi, gangguan pernapasan dan kanker paru- Sumber: http://kolomkita.detik.com/upload/photo/1jakarta8.jpgparu. Gambar.2 Kondisi Kemcetan Kota JakartaTabel.1 Dampak Kesehatan Akibat Polusi Siang dan malam hari Udara I.3 Alternatif/Solusi Mengatasi Pemasalahan Transportasi Dalam kurun waktu beberapa tahun ini berbagai solusi telah dilakukan Pemerintah DKI untuk mengatasi permasalahan transportasi di kota Jakarta. Akan tetapi upaya- upaya tersebut belum mampu untukd. Sistem transportasi belum memenuhi memberikan hasil yang diharapkan.

Adapuntingkat keselamatan dan keamanan alternatif – alternatif yang telah di lakukan oleh Jumlah korban kecelakaan di jalan tol pemerintah untuk mengatasi kemacetan dalam kota mangalami penurunan dari tersebut adalah sebagai berikut : sekitar 380 pada tahun 1995 menjadi sekitar 200 pada tahun 2006. Akan tetapi a. Area Traffic Control System (ATCS) proporsi jumlah korban dengan luka Solusi ini belum memberikan hasil yang berat dan meninggal dunia relatif stabil diharapkan karena beban volume lalu lintas (CMNP, http://www.cmnp.co.id/). yang tinggi, banyaknya hambatan samping Bahkan hasil Study on Integrated pada ruas jalan dan persimpangan, dan kondisiTransportation Master Plan (SITRAMP) oleh teknis infrastruktur ATCS yang kurangJICA/Bappenas menunjukkan : Jika sampai mamadai.tahun 2020 tidak ada perbaikan yang dilakukanpada sistem transportasi Jabodetabek (Jakarta, b. Aturan 3 in 1Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi), maka Terdapat beberapa kelemahan dariestimasi kerugian ekonomi yang terjadi sebesar skema ini antara lain: (1) tidak adanyaRp. 28,1 Triliun dan kerugian nilai waktu manajemen atau aturan yang melarangperjalanan yang mencapai 36,9 Triliun. Melihat pengunaan jalan-jalan lokal, sehinggakondisi kemacetan di Kota Jakarta yang pengguna jalan akan mencari jalan-jalan lokal semakin hari semakin bertambah parah dan (jalan tikus) yang ada untuk menghindarifaktor kerugian yang tidak sedikit dari akibat daerah 3 in 1, ini memindahkan kemacetan kekemacetan tersebut, tentunya kita tidak akan daerah lain, (2) beroperasinya penyedia jasabisa tinggal diam. ilegal yang berperan sebagai penumpang Kondisi kemacetan yang terjadi dikota (jockey) dengan imbalan sejumlah uang, untukJakarta adalah sebagai berikut: melengkapi jumlah penumpang menjadi 3 c. Pengembangan Bus Rapid Transit (BRT) Solusi ini juga belum memberikan hasil yang optimal, Busway belum bisa berbuat banyak untuk menarik minat pengguna kendaraan pribadi. Hal ini dimungkinkan terjadi karena opportunity cost dan standard kebutuhan kenyamanan pengguna kendaraan pribadi relatif tinggi dimana hal ini belum mampu dipenuhi oleh Busway, serta daerah
4. pelayanan yang terbatas dan belum mengurangi penggunaan kendaraanmenjangkau daerah pinggiran Jakarta. pribadi, sebagai contoh penetapan hari bebas kendaraan, melarang kendaraan d. Pembangunan Ruas Jalan Toll pribadi untuk wilayah tertentu, batasan Dalam Kota jumlah penumpang lebih dari 3 Dalam beberapa tahun terakhir, telahdibangun beberapa ruas jalan toll di kota b. Cooperative instruments adalahJakarta sebagai upaya untuk menambah keterlibatan individu, perusahaankapasitas jaringan jalan di Jakarta. swasta atau institusi pemerintah dalamPembangunan ruas jalan toll di Jakarta belum mengurangi kemacetan lalu lintas,mampu mengatasi kemacetan di Jakarta. sebagai contoh carpooling.Terdapat kecenderungan, peningkatan kapasitasjalan justru menjadi salah satu variabel yang c. Economic instruments menggunakanmendorong penggunaan kendaraan pribadi. insentif dan/atau disinsentif untuk Berdasarkan data dari Dishub DKI mencapai tujuan transportasi yangJakarta tahun 2010, pertumbuhan kendaraan berkelanjutan (sustainable transport).mencapai 1.172 unit setiap hari. Sedangkan di Salah satu economic instrument yangtahun 2011, pertumbuhan naik sebesar 11,26 sering diaplikasikan adalah roadpersen. Ditlantas Polda Metro Jaya pricing.mengungkapkan, jumlah kendaraan yang lalulalang di jalanan ibukota tahun kemarinsebanyak 13.347.802 dan Republika baru baru Tabel.2 Pengelompokkan Road Pricingini memberitakan bahwa di tahun 2012 ini akan Berdasarkan Tujuannyaada 1,3 juta kendaraan baru di Jakarta, darihasil penelitian ini kita dapat bayangkanbagaimana keadaan kota Jakarta 3 tahunkedepan, maka saat ini pemerintah akanmenerapkan Electronic Road Pricing (ERP)dan Mass Rapid Transit (MRT) A. Electronic Road Pricing (ERP) merupakan kebijakan sistemtransportasi yang berkelanjutan (sustainabletransport system policy) adalah manajemenpermintaan perjalanan (travel demandmanagement). Secara umum, tujuan darikebijakan travel demand management adalahuntuk mendorong pengguna jalan untukmengurangi perjalanan yang relative tidakperlu (terutama pengguna kendaraan pribadi)dan mendorong penggunaan moda transportasiyang lebih efektif, lebih sehat, dan ramah Biaya yang dikenakan juga bertujuanlingkungan. untuk memberikan kesadaran kepada pengguna Kebijakan travel demand management kendaraan pribadi bahwa perjalanan merekadapat dikelompokan menjadi tiga grup yaitu: dengan kendaraan pribadi mempunyaiinstrumen-instrumen regulasi (regulatory kontribusi terhadap kerusakan lingkungan daninstruments), persetujuanpersetujuan kerjasama kerugian kepada masyarakat yang tidak(cooperative agreements), dan instrument- mengunakan kendaraan pribadi. Kondisi iniinstrument ekonomi (economic instruments). seringkali tidak dipikirkan oleh masyarakat dan pengambil kebijakan. Congestion pricing telah a. Regulatory instruments umumnya sukses diaplikasikan di beberapa kota seperti ditetapkan oleh pemerintah dan berisi Singapore, Oslo, Stockholm, dan London. standar-standar, larangan-larangan dan Dana yang terkumpul, bisa juga dijadikan prosedur administrasi untuk sebagai salah satu sumber pembiayaan untuk
5. mendukung beroperasinya moda transportasi Km) yang akan mulai dibangun sebelum tahapyang lebih efektif, sehat, dan ramah lingkungan I beroperasi dan ditargetkan beroperasi palingsepert Bus Rapid Transit, Mass Rapid Transit. lambat 2018 (dipercepat dari target awal 2020). Studi kelayakan untuk fase ini sudah selesai B. Mass Rapid Transit (MRT) dilaksanakan.

Pendanaan proyek sebesar kurang MRT (mass rapid transit) secara lebih 83% berasal dari pinjaman JICA (JBIC)harfiah dapat diartikan sebagai moda angkutan Jalur Lebakbulus-Bundaran HI ini terdiriyang mampu mengangkut penumpang dalam dari jalan layang dan terowongan bawah tanahjumlah yang banyak (massal) dengan frekuensi dengan 13 stasiun.

Tujuh di antaranyadan kecepatan yang sangat tinggi (rapid). merupakan stasiun layang dan 6 stasiun bawahMenurut modanya, MRT dapat dikelompokkan tanah yang terintegrasi dengan modamenjadi beberapa jenis, antara lain: subway, transportasi lainnya seperti bus kota, busway,tram, dan monorail. MRT bagian dari solusi dan kereta api.transportasi. MRT mampu mengangkut Untuk jarak tempuh Stasiun Lebakbulus-penumpang dari satu titik asal ke titik tujuan Bundaran HI diperkirakan hanya memakansecara cepat, dan dalam jumlah yang besar. waktu 30 menit, jauh lebih cepat denganNamun, selain MRT kondisi saat ini sekitar 1 sampai 2 jam pada untuk mengatasi kemacetan diperlukan saat-saat jam sibuk. Pada tahun pertama operasilangkah-langkah lain seperti, peningkatan nanti, tiap rangkaian MRT terdiri dari 6disiplin lalu lintas, pembatasan volume lalu gerbong. Masing-masing gerbong mampulintas, mendorong pengguna kendaraan pribadi. memuat sekitar 250 penumpang. Sekali jalan, MRT mampu mengangkut sekitar 1.500 Pemerintah Indonesia akan menerapkan penumpang. sistem MRT untuk mengatasi kemacetan diJakarta dan sekitarnya, Mass Rapid TransitJakarta (MRT Jakarta) yang berbasis relrencananya akan membentang kurang lebih±110.8 km , yang terdiri dari Koridor Selatan –Utara (Koridor Lebak Bulus – KampungBandan) sepanjang kurang lebih ±23.8 km danKoridor Timur – Barat sepanjang kurang lebih±87 km. Penetapan jalur ini sebagai prioritasdidasarkan pada pertimbangan, jalur Selatan- Gambar. 3 Skema Station MRT Phase IUtara Jakarta bersama dengan jalur Timur-Barat adalah jalur perekonomian yang cukup Kesimpulan:pesat untuk masa kini dan masa depan. 1. Transportasi sangat berguna untuk meningkatkan interaksi antara manusiaPembangunan Koridor Selatan-Utara dari dan pertumbuhan ekonomi suatuLebak Bulus – Kampung Bandan dilakukandalam 2 tahap: Negara atau Daerah 2. Kondisi kota Jakarta emakinTahap I yang akan dibangun terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan mengkhawatirkan sehingga pemerintah Bundaran HI sepanjang 15.7 km dengan 13 Indonesia harus dengan cepatstasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah mengelolala Permintaan Transportasitanah) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir (Transport Demand Management)2016. Saat ini sedang dalam pembuatan basicdesign (sejak November 2009) dan ditargetkan 3. Sebelum Mengoperasikan MRT diselesai akhir tahun ini dan pembangunan fisik Jakarta di terapkan, Pemerintah harusdimulai 2012 mampu mengurangi keinginanTahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara masyarakat untuk pemakaian kendaraandari Bundaran HI ke Kampung Bandan (8.1
6. pribadi dan berpindah ke tranportasiyang ramah lingkungan.

Terimakasih atas kunjungannya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s