PULAU DERAWAN

 

Pulau Derawan

Lokasi Pulau Derawan di Kepulauan Derawan

Pulau Derawan terletak di Kepulauan DerawanKecamatan DerawanKabupaten BerauKalimantan Timur Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° – 11° dengan lebar 13,5 – 20 meter.

Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005.

Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobsterikan pipa (ghostpipe fish),gurita (bluering octopus), nudibranchskuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).

Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall” karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

 

Keanekaragaman Biota Laut di Pulau Derawan

Pulau Derawan adalah pulau yang berada Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Meski hanya sebuah pulau yang terbilang kecil, kabupaten Berau juga menyimpan berbagai potensi wisata yang Indah. Pulau Derawan sebenarnya merupakan salah satu pulau utama di kepulauan Derawan. Namun, di antara pulau-pulau di kepulauan Derawan, hanya Pulau Derawan dan Pulau Maratualah yang memiliki sumber air tawar. Oleh karena itu, di dua pulau ini banyak didirikan resort atau penginapan.

Pulau Derawan juga disebut-sebut sebagai surga tropis yang sempurna. Bahkan ada yang bilang, pesona pantai di pulau Derawan ini menandingi pantai di Bali. Keindahan pulau Derawan terbukti dari pasirnya yang putih bersih, lambaian pohon palem serta warna air hijau kebiruan yang membuat suasana pulau semakin hangat. Untuk dapat mencapai Derawan, Terlebih dahulu para pelancong terbang menuju Balikpapan. Setelah diBalikPapan, Dari Balikpapan terbang lagi menuju Tanjung Redebdengan menaiki pesawat terbang dari maskapai penerbangan Deraya, KAL Star atau DAS. Selain lewat udara, Tanjung Redeb juga bisa dicapai melalui laut dengan menaiki kapal laut dari Samarinda atau Tarakan dengan menyewa motorboat. Untuk kehidupan lautnya, pulau Derawan memiliki pemandangan bawah lautnya yang sangat cantik. Disana, Kita dapat menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, dan barakuda, ubur-ubur stingless serta ikan duyung yang merupakan salah satu keragaman hayati di Dunia. Tak heran jika pulau Derawan sering dijadikan tempat wisata para penyelam. Namun, untuk menyelam di pulau Derawan, sebaiknya harus berhati-hati, pasalnya Di sini juga merupakan tempat bersarangnya kura-kura hijau langka dan berbahaya.

Disekitar pulau ini, telah teridentifikasi 28 titik yang dapat dijadikan tempat penyelaman. Dr. Carden Wallace dari Museum Tropis Queensland, Australia, yang pernah meneliti kekayaan laut di Pulau Derawan mengatakan bahwa ada lebih dari 50 jenis hewan laut dalam satu terumbu karang. Hal inilah yang membuat pulau Derawan menjadi pulau ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional.

Pada tahun 2003 sempat dilakukan survei yang menyatakan bahwa kepulauan ini menghasilkan 832 spesies ikan karang, diperkirakan pula sedikitnya 1.051 spesies terdapat di perairan Berau. Jika mengunjungi Pulau ketika bulan purnama, maka jangan heran jika sewaktu-waktu air di pulau ini akan surut. karena pada bulan purnama, pasang surut air laut dalam kondisi maksimal. Namun bagi kamu yang menyukai kegiatan memancing, saat ini lah yang paling tepat. Karena laut sedang surut, tidak usah menyelam pun terumbu karang beserta ikan-ikannya terlihat dari permukaan. Ada cara yang unik untuk memancing penyu mendatangi kita, yaitu dengan menggunakan daun pisang. Agak aneh memang, namun kabarnya para penyu sangat menyukai daun pisang tersebut. Disini juga terdapat jenis ikan langka yang bernama Napoleon, Karena langka ikan tidak boleh dipancing karena termasuk biota yang di lindungi. Jika Kamu duduk di ujung jembatan kayu, jangan heran bila Kamu menemui penyu hijau. Itu dikarenakan air di pulau ini jernih sekali, sehingga kehidupan dilaut akan tampak dipermukaan.

2 thoughts on “PULAU DERAWAN

Terimakasih atas kunjungannya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s